Kamis, 14 Februari 2013

Soto Kwali Khas Solo

Soto Kwali, Harga Murah Selera Priyayi

Membicarakan soal kuliner memang tidak ada habisnya. Terlebih jika kita sedang di Pulau Jawa. Beragam menu kuliner bisa kita pilih untuk menemani kita dari pagi hari hingga malam hari. Salah satunya berupa Soto Kwali. Sebenarnya kuliner ini sudah lama ada, namun baru liburan natal kemarin saya baru sempat menikmatinya. bersama keponakan dan teman saya, kami menikmati hangatnya soto kwali di senja hari


 Soto Kwali pada dasarnya tak beda jauh dengan soto daging. Yang membedakannya munkin karena dimasak dengan menggunakan kwali. Kwali merupakan alat memasak yang terbuat dari tanah liat. Adapun komposisi soto kwali terdiri dari nasi putih, soun, kecambah, irisan daging, daun sledri, dan taburan bawang goreng. Cukup sederhana memang. Lantas apa yang membuat soto yang satu ini menjadi unik dan menarik?
13260891951636585847
Menurut kami keunikan pertama justru terletak pada porsi soto kwali. Soto kwali memiliki porsi mini, karena disajikan dengan menggunakan mangkok kecil (biasa dipakai untuk mangkok dawet) dengan sendok bebek (soup spoon) dari stainless steel. Jika porsi makan kita jumbo, kita bisa menghabiskan sampai 5 mangkok soto.

Keunikan kedua, dari harganya yang murah meriah. Untuk satu porsi soto kwali yang lezat ini kita hanya perlu merogoh kocek Rp. 1.250,- s/d Rp. 1.500,- . Sangat murah bukan?? Biasanya soto kwali dihidangkan dengan bermacam lauk lain seperti gorengan (tahu, tempe, bahwan), paru, dan krupuk. Tak salah jika pembeli berjubel karena harganya yang murah. Bukan hanya dari kalangan ekonomi menengah ke bawah saja, bahkan beberapa pembeli berasal dari kalangan atas. Hal ini terlihat dari kendaraan (mobil) mereka.
Anda belum pernah menikmatinya? Sempatkan mampir deh di warung-warung soto kwali yang banyak betebaran di kota-kota di pulau Jawa (Tengah khususnya). Dan anda akan menikmati sensasi kelezatan makanan serta murahnya harganya.

0 komentar:

Posting Komentar